Kesanggupan vs Kemampuan vs Keadaan (bagian kedua)

Tolong disebarkan kepada teman-teman yang mau 28:56

Silahkan bergabung dengan mailing groups bahasaquran di groups.yahoo.com.

Allah merupakan Tuhan Yang Maha Demokratis dan selalu memberikan pilihan. Manusia tidak dibebankan kewajiban memikul kesuksesan dan tanggung jawab ketuhanan melainkan sekedar kesanggupannya, sebagaimana disebutkan dalam Surat 7:42, dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.

Pada posisi mana seseorang ingin meraih derajat ketakwaan, juga diserahkan sesuai dengan kesanggupan atau cita-cita masing-masing, tidak ada unsur paksaan, sebagaimana disebutkan dalam Surat 64:16, Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Ada manusia yang hanya berkesanggupan menjadi manusia yang tunduk dan patuh karena ikut-ikutan (Surat 49:14) tanpa disertai kepahaman yang mendalam (Surat 17:36), ada pula manusia yang sekedar bertakwa untuk menyelamatkan diri dan keluarganya (Surat 66:6), ada pula manusia yang berkesanggupan untuk menjadi imam yang mengajak sebanyak-banyaknya manusia lain untuk kemudian menjadi orang yang bertakwa (Surat 25:74). Sekali lagi, Allah tidak akan membebani kita, melainkan sekedar kesanggupan atau cita-cita kita.

Menetapkan kesanggupan atau cita-cita haruslah disertai dengan ilmu. Terkadang manusia tidak berani atau bahkan tidak tahu untuk bercita-cita karena wawasan hidupnya yang sempit. Orang desa yang tidak mendapatkan akses informasi tentu tidak akan punya cita-cita bersekolah sampai ke Paris. Andrea Hirata merupakan suatu pengecualian yang seribu satu. Oleh karena itu, marilah kita membuka wawasan diri dan generasi penerus seluas-luasnya, sebagaimana Nabi Muhammad pernah berkata, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.”

Lebih lanjut, selain kesanggupan dan kemampuan, terdapat faktor ketiga yaitu keadaan. Lintang, seorang anak pandai dengan cita-cita dan kerja keras yang menggebu-gebu dimana setiap hari dia harus bersepeda 40km untuk mencapai sekolah, harus dipatahkan kesanggupannya oleh keadaan dimana ayahnya tidak lagi pulang dari melaut, sehingga dia harus menafkahi adik-adiknya.

Keadaan adalah faktor di luar kemampuan kita, keadaan adalah faktor eksternal. Terdapat dua macam faktor eksternal atau keadaan ini. Pertama, faktor eksternal yang dapat dikendalikan (controllable factors). Kedua, faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan (uncontrollable factors). Dalam kisah Lintang, jauhnya jarak antara sekolah dan rumahnya sehingga perjalanan naik sepeda membutuhkan waktu 3 jam adalah faktor keadaan yang dapat dikendalikan. Namun, kematian ayahnya adalah faktor keadaan yang tidak dapat dikendalikan.

Di dalam al Quran, manusia diperintahkan berbuat sesuai dengan keadaan masing-masing, sebagaimana disebutkan dalam Surat 17:42, Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

Seorang pemimpin adalah seseorang yang dapat menjadikan sebanyak-banyaknya faktor keadaan yang tidak dapat dikendalikan menjadi faktor keadaan yang dapat dikendalikan. Bagaimana mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan suatu tujuan akan meningkatkan kemampuan kita dengan luar biasa dan mempermudah kita mencapai kesanggupan yang telah kita canangkan di hadapan Allah.

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: